Gaya Hidup

dr Fanny: 6 Tanda Imun Tubuh Kita Rendah di Tengah Pandemi Covid-19

Jumat, 22 Januari 2021 - 02:32
43.75k
dr Fanny: 6 Tanda Imun Tubuh Kita Rendah di Tengah Pandemi Covid-19 Dr Fanny Imannuddin menjelaskan pentingnya menjaga imun tubuh di tengah pandemi Covid-19. (Foto: Dok. Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Meningkatnya tingkat penyebaran virus Covid-19 di Indonesia, membuat kita harus semakin waspada. Dalam pekan terakhir pandemi ini mencapai angka 14.000 kasus per harinya. Dr Fanny Imannuddin, M.Biomed (AAM) membagikan 6 tanda seseorang memiliki imun tubuh yang rendah.

1. Tingginya tingkat stres

2. Kelelahan yang terus-menerus

3. Sering mengalami flu/common cold

4. Penyembuhan luka yang lama

5. Mengalami masalah pencernaan

6. Sering mengalami infeksi

Pada dasarnya manusia memiliki 2 sistem kekebalan tubuh, yakni innate immunity atau kekebalan alami dan adaptive immunity atau kekebalan tubuh yang adaptif.

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh secara sederhana dapat dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit.

"Sistem ini bertugas untuk melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit," ungkap dr Fanny kepada Times Indonesia, Kamis (21/1/2021).

Pada dasarnya, sistem imun tubuh secara normal dapat bekerja sangat efisien dalam menghadapi musuh tersebut. Semuanya ini, lanjut dr Fanny, sangat tergantung dari gaya hidup seseorang dalam kesehariannya.

"Apakah lifestyle (gaya hidup) kita sudah sesuai dan optimal untuk meningkatkan dan mempertahankan tubuh kita dari serangan virus," ujarnya.

Untuk dapat menerapkan gaya hidup sehat memang bukan perkara instan, perlu perubahan pada mindset (pola pikir), proses bertahap, dan komitmen untuk tetap konsisten.

"Semoga kita semua dapat menjalankan pola hidup sehat karena merupakan investasi untuk generasi penerus dan tentunya peningkatan kesejahteraan untuk negara kita, dimulai dari diri kita," harapnya.

Di akhir kesempatan, dr Fanny berpesan bahwa menjaga imun tubuh di tengah pandemi Covid-19 harus beriringan dengan penerapan protokol kesehatan 3M yakni Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bandung just now

Welcome to TIMES Bandung

TIMES Bandung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.