https://bandung.times.co.id/
Berita

Jemaah Haji Aceh Berangkat di Gelombang Kedua, Mulai pada 29 Mei 2024

Minggu, 21 April 2024 - 21:12
Jemaah Haji Aceh Berangkat di Gelombang Kedua, Mulai pada 29 Mei 2024 Ilustrasi - Pemberangkatan Jemaah Haji Indonesia

TIMES BANDUNG, JAKARTA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh, Azhari, mengumumkan bahwa sebanyak 4.709 jemaah haji asal Aceh akan diberangkatkan mulai 29 Mei 2024.

"Alhamdulillah kita embarkasi Aceh mendapat gelombang kedua tahun ini. Jemaah akan mulai diberangkatkan pada 29 Mei 2024," ujar Azhari yang dikutip dari Kemenag RI, Minggu (21/4/2024).

Menyusul pengumuman ini, Azhari menegaskan bahwa persiapan telah dimulai untuk memastikan kelancaran keberangkatan. "Tentu ini memberikan kemudahan untuk persiapan baik di Kanwil, Asrama Haji, maupun jemaah haji," tambahnya.

Jemaah haji Aceh akan terbagi dalam 12 kelompok terbang (kloter), dengan keberangkatan dari Bandar Udara Sultan Iskandar Muda, Aceh menuju Bandara King Abdulaziz International Airport di Jeddah, untuk selanjutnya menuju Makkah.

Azhari menjelaskan bahwa Kanwil Kemenag Provinsi Aceh terus melakukan persiapan yang meliputi penginapan jemaah di embarkasi, penyusunan Pembantu Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPPIH) 2024, serta berbagai hal teknis lainnya.

"Dalam pekan depan kita akan melakukan pelantikan dan kemudian persiapan di asrama haji," ujarnya.

"Koordinasi dengan Kemenag kabupaten/kota, Garuda, Damri, dan Angkasa Pura juga tengah dilakukan, sehingga informasi ini bisa dipahami oleh seluruh jemaah," katanya lagi.

Azhari mengharapkan para jemaah haji Aceh mempersiapkan diri dengan baik, termasuk dari segi kesehatan fisik, mental, dan manasik haji. Pihaknya juga sedang menunggu pengiriman koper dan buku panduan manasik haji untuk dibagikan kepada seluruh jemaah.

"Kemenag kabupaten/kota juga akan melaksanakan manasik, kita harap seluruh jemaah mengikutinya dengan serius," ungkapnya.

Dengan demikian, persiapan terkini telah dilakukan untuk memastikan keberangkatan jemaah haji Aceh berjalan lancar dan memberikan pengalaman ibadah yang bermakna bagi mereka.(*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bandung just now

Welcome to TIMES Bandung

TIMES Bandung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.