https://bandung.times.co.id/
Berita

Lonjakan Penumpang KA Capai 155 Ribu, Daop 2 Bandung Optimalkan Layanan

Senin, 12 Mei 2025 - 22:15
Lonjakan Penumpang KA Capai 155 Ribu, Daop 2 Bandung Optimalkan Layanan Sejumlah calon penumpang KA saat berada di stasiun Bandung, Senin (12/5/2025). (Foto: Humas Daop 2 Bandung)

TIMES BANDUNG, TASIKMALAYA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 atau Daop 2 Bandung mencatat lonjakan signifikan jumlah penumpang selama masa libur panjang Hari Raya Waisak 2025. Dalam kurun waktu lima hari, terhitung sejak Jumat (9/5) hingga Selasa (13/5), total 155.018 penumpang tercatat menggunakan jasa kereta api di wilayah Daop 2.

Jumlah tersebut jauh melampaui kapasitas tempat duduk yang tersedia sebanyak 124.703, dengan tingkat okupansi mencapai 124 persen.

Menurut data yang dihimpun dari Daop 2 Bandung, lima stasiun tercatat sebagai yang paling sibuk selama masa libur panjang tersebut. Kelima stasiun tersebut adalah Stasiun Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, dan Garut.

“Hingga Senin siang, selama lima hari periode masa libur Waisak ini yakni Jumat (9/5) s.d. Selasa (13/5), kami mencatat total jumlah penumpang mencapai 155.018 penumpang. Stasiun Bandung dan Kiaracondong menjadi yang paling sibuk, masing-masing melayani total 29.989 penumpang dan 15.830 penumpang. Diikuti Stasiun Tasikmalaya dengan 5.587 penumpang, Stasiun Banjar 3.634 penumpang, dan Stasiun Garut 3.274 penumpang,” ungkap Kuswardojo, Manager Humasda Daop 2 Bandung, Senin (12/5/2025).

Peningkatan ini menjadi indikator kuat bahwa masyarakat semakin menjadikan kereta api sebagai moda transportasi andalan yang aman, nyaman, dan efisien untuk perjalanan jarak jauh, terutama di masa libur panjang.

Untuk mengakomodasi tingginya permintaan, KAI Daop 2 Bandung telah mengoperasikan sejumlah perjalanan tambahan, salah satunya Kereta Api Lodaya Tambahan, serta mengoptimalkan armada reguler yang sudah ada. Upaya ini dilakukan untuk memastikan seluruh penumpang dapat terlayani dengan baik dan perjalanan tetap berjalan lancar.

“Antusiasme masyarakat ini menunjukkan bahwa kereta api tetap menjadi pilihan utama saat momen libur panjang. Kami mengimbau pelanggan untuk merencanakan perjalanan dengan baik dan datang lebih awal ke stasiun guna menghindari kemacetan,” lanjut Kuswardojo.

Daop 2 juga terus melakukan pengawasan ketat terhadap kelancaran operasional di lapangan serta menjaga kenyamanan dan keamanan penumpang, termasuk penyediaan fasilitas penunjang seperti ruang tunggu yang nyaman, layanan pelanggan, dan informasi real-time melalui aplikasi digital.

Untuk memberikan kemudahan akses kepada masyarakat, PT KAI menyediakan berbagai saluran pemesanan dan informasi, antara lain melalui Aplikasi Access by KAI, Website resmi: booking.kai.id, Contact Center 121 (melalui telepon 121 atau (021) 121), WhatsApp: 0811-1211-1121, Email: [email protected] dan Media sosial resmi KAI. (*)

Pewarta : Harniwan Obech
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bandung just now

Welcome to TIMES Bandung

TIMES Bandung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.