Berita

Gubernur Jabar Nyatakan Penerbangan Kargo di BIJB Kertajati Majalengka Bisa Pulihkan Ekonomi

Selasa, 23 Februari 2021 - 19:47
418
Gubernur Jabar Nyatakan Penerbangan Kargo di BIJB Kertajati Majalengka Bisa Pulihkan Ekonomi Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat melepas penerbangan perdana pesawat kargo dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. (Foto: Protokoler Pemda Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKAGubernur Jabar Ridwan Kamil melepas penerbangan perdana pesawat kargo dari Bandara Internasional Jawa Barat atau BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka menuju Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (23/2/2021). Layanan kargo bisa membantu pemulihan ekonomi Jabar saat pandemi.

Layanan penerbangan kargo tersebut merupakan kerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia. Kang Emil sapaan akrabnya mengatakan, kerja sama yang dibangun antara Pemprov Jabar dan Garuda Indonesia merupakan bagian dari upaya penyelamatan keadaan ekonomi nasional, khususnya Jabar dalam masa pandemi Covid-19.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Garuda Indonesia yang telah bersedia bekerja sama membuka layanan penerbangan kargo meski secara perhitungan bisnis saat ini tidak begitu menjanjikan," ungkap Kang Emil.

RIdwan Kamil

Kendati demikian, pihaknya optimistis dengan dimaksimalkannya layanan penerbangan kargo di BIJB atau dikenal Bandara Kertajati ini akan mempercepat pemulihan ekonomi di Jabar. Pihaknya menargetkan akhir tahun 2021 perekonomian mulai stabil.

"Tahap satu ini, kita masih mengencangkan ikat pinggang karena Covid-19. Tahap dua nanti setelah vaksinasi sukses, semoga semua akan kembali normal, pergerakan orang dilonggarkan," harapnya.

Oleh karena itu, Ridwan Kamil telah meminta kepada Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jabar untuk menginventarisasi perusahaan yang menggunakan layanan kargo di dalam negeri maupun ekspor dan impor supaya menggunakan layanan kargo di BIJB.

"Kadin sudah diinstruksikan melobi perusahaan agar layanan kargo yang masih menggunakan bandara lain dipindahkan ke BIJB," sebutnya.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengungkapkan penerbangan kargo di Bandara Kertajati penting bagi Garuda Indonesia. Pada penerbangan tahap satu ini disiapkan pesawat Boeing 737 800 NG dengan kapasitas angkut 7 ton sehingga dapat mengoptimalisasi penerbangan kargo.

"Kami harap ini bukan penerbangan pertama dan satu-satunya dari Kertajati, kami akan meneruskan komitmen menumbuhkan perekonomian di Jawa Barat," ucapnya.

RIdwan Kamil a

Menurutnya, Garuda Indonesia komitmen akan menerbangkan kargo satu kali dalam sepekan dari BIJB ke Batam dan bukan tidak mungkin akan ada pembukaan rute lain.

"Garuda sudah melakukan komitmen yang sama dengan wilayah lain seperti menerbangkan kargo dari Bali ke Hongkong, Surabaya-Hongkong dan Manado-Narita, Jepang. Nanti kita tunggu minat konsumen mau terbangin barangnya ke mana kita siapkan pembukaan rutenya," jelasnya

Sementara Direktur Utama PT BIJB Salahudin Raffi mengatakan, saat ini BIJB memiliki terminal kargo dengan kapasitas 35 ribu ton. Ke depan, kata dia, PT BIJB akan membangun kargo village di aero city yang akan menjadi konektor mobilitas kargo di metropolitan rebana (Bandara Kertajati-Pelabuhan Patimban-Cirebon) yang dicanangkan Pemprov Jabar.

"Untuk penerbangan kargo sudah memenuhi standar internasional. Panjang runway kini 3.000 meter dan 1-2 tahun ke depan kargo village sudah bisa digunakan. Tak hanya itu, untuk rute selanjutnya yang tengah dipersiapkan adalah Makassar, Kualanamu (Medan) dan juga penerbangan Internasional," tukasnya. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bandung just now

Welcome to TIMES Bandung

TIMES Bandung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.