Gaya Hidup

Air Bekas Rebusan Mi Instan Bisa Suburkan Tanaman, Kog Bisa?

Jumat, 22 Januari 2021 - 05:12
44.87k
Air Bekas Rebusan Mi Instan Bisa Suburkan Tanaman, Kog Bisa? Menyiram tanaman. (foto: pidjar/Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Biasanya setelah merebus mi instan, kita langsung membuangnya. Wah ternyata sayang loh jika langsung dibuang. Sebab air bekas rebusan mi instan itu dapat menyuburkan tanaman. 

Kog bisa? 

Danielle Nierenberg, Presiden organisasi nirlaba Food Tank mengatakan air dari rebusan mi instan mengandung pati yang berguna bagi kesuburan tanaman. 

Pati dari mi instan yang larut dalam air tersebut juga mengandung vitamin dan mineral. 

"Sebaiknya tunggu air rebusan hingga benar-benar dingin, lalu siramkan pada tanaman Anda," kaa Nierenberg, seperti dikutip dari nakita. 

Nierenberg menjelaskan pati dan nutrisi dalam air bekas rebusan mi instan itu sangat bagus sebagai pupuk. Dari pada menyiram dengan air biasa akan lebih baik jika rutin disiram pakai air rebusan mi instan. 

Ahli Pembibitan East River, South Dakota juga mendukung pernyataan Nierenberg. 

'Tidak hanya hemat biaya dan cerdik, memberikan air bekas rebusan mie instan pada tanaman sama seperti memberi pupuk agar tanaman Anda tumbuh lebih stabil," jelas Dakota.

Ia mengungkapkan, air bekas rebusan mi instan dapat membantu meningkatkan penyimpanan nutrisi alami dalam tanah. 

Namun ternyata tak hanya air rebusan mi instan saja. Dakota juga menyarankan untuk air bekas rebusan sayur, telur dan kentang juga baik disiramkan pada tanaman. 

Dakota menekankan, air rebusan yang akan disiramkan ke tanaman tidak boleh mengandung garam atau bumbu dapur lainnya. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bandung just now

Welcome to TIMES Bandung

TIMES Bandung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.