Gaya Hidup

Dibilang 'Ndeso' Ternyata Pisang Rebus mampu Tingkatkan Imun

Jumat, 22 Januari 2021 - 06:20
47.35k
Dibilang 'Ndeso' Ternyata Pisang Rebus mampu Tingkatkan Imun Pisang kepok rebus. (FOTO: cookpad.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pisang rebus identik dengan sajian khas di pedesaan. Makanya tak jarang orang menyebut pisang rebus adalah sajian yang 'ndeso'.

Meski ndeso, namun ternyata pisang rebus dapat meningkatkan imun tubuh lho. Apalagi dimasa pandemi seperti saat ini, di mana imun tubuh yang kokoh dapat menghalau corona virus. 

Salah satu pisang yang paling cocok untuk direbus adalah pisang kepok. Pisang ini punya kulit yang lebih tebal dengan daging yang padat dengan tekstur yang lembut kenyal. Di pasaran ada beberapa jenis pisang kepok, yaitu pisang kepok kuning (dengan warna daging putih) dan merah (dengan warna daging kuning tua cenderung oren). 

Pisang kepok mengandung  Karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, potassium, asam amino, antasida, dan zat besi. Kandungan tersebut tak akan hilang jika direbus. 

Selain menjaga imin tubuh, berikut manfaat lain dari pisang ndeso ini

1. Baik untuk pencernaan

Pisang kepok rebus dapat melancarkan pencernaan. Termasuk mencegah sembelit, menjaga berta badan. Sebab Vitamin B6 dalam buah kepok bisa membantu sistem metabolisme/pencernaan dalam tubuh. Kadar lemaknya cukup rendah, sehingga cocok untuk diet. Karbohidratnya juga bisa membuat perut kenyang lebih lama.

2. Menjaga kesehatan

Kesehatan kita akan terjaga jika rutin konsumsi pisang kepok rebus. Pisang ini mengandung kalium/ potasium yang berfungsi membentuk sel, jaringan dan organ tubuh. Kesehatan ginjal juga akan terjaga berkat kalium. 

Prebiotik fructooligosaccharide membantu tulang untuk menyerap kalsium dengan lebih baik. Bukan kalsium, karena kalsium tidak ditemukan pada pisang kepok rebus. Sehingga pisang kepok rebus sangat baik untuk membantu menguatkan tulang.

Pisang kepok rebus juga dapat mengontrol tekanan dan gula darah. 

Ibu hamil juga dianjurkan mengonsumsi pisang kepok rebus, karena dapat meningkatkan energi. Pisang kepok juga dapat mencegah pembekakan kaki yang terjadi karena kurang potasium. Hebatnya lagi pisang ini dapat mecegah anemia bagi ibu hamil. 

Wah jadi nggak perlu ragu lagi ya makan pisang rebus, biar ndeso tapi kaya manfaat. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bandung just now

Welcome to TIMES Bandung

TIMES Bandung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.