Gaya Hidup

Lebaran yang Masih Tetap Terjaga Hingga Saat Ini

Rabu, 12 Mei 2021 - 03:02
Lebaran yang Masih Tetap Terjaga Hingga Saat Ini ILUSTRASI - Takbir keliling. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMES BANDUNG, JAKARTALebaran Idul Fitri merupakan hari kemenangan yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia termasuk di Indonesia setelah usai melaksanakan ibadah puasa  dan selalu identik dengan hal-hal positif yang menyenangkan. Bagi umat muslim di Indonesia, mereka memiliki tradisi yang sangat melekat pada saat menjelang lebaran atau saat lebaran.

Tidak hanya itu, setiap daerah di Indonesia bahkan memiliki upacara atau tradisi unik loh. Dan hal-hal seperti itulah yang selalu dinantikan oleh umat Islam pada saat lebaran.

Nah, berikut adalah macam-macam budaya lebaran yang sampai saat ini masih eksis di Indonesia.

1. Takbir Keliling

Takbir selalu identik dengan malam lebaran atau saat lebaran tiba yang dilakukan sebagai pertanda kemenangan umat muslim setelah melakukan ibadah puasa. Pada saat takbir keliling akan terlihat segerombolan orang yang sedang berkumandang takbir dengan semangat di jalanan. Momen seperti ini yang sangat ditunggu-tunggu saat lebaran, karena momen ini merupakan awal dari perayaan lebaran.

2. Mudik

Mudik menjadi salah satu tradisi yang sangat sering dilakukan oleh umat muslim di Indonesia saat menjelang lebaran. Tradisi mudik sudah dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu, di mana para perantau untuk pulang ke kampung halaman saat menjelang lebaran tiba.

3. Halal Bi Halal

Saat lebaran tiba halal bi halal merupakan suatu tradisi yang tidak bisa lepas keberadaannya. Halal bi halal sendiri merupakan suatu silaturahmi yang dilakukan oleh keluarga besar, teman-teman, kerabat, dan tetangga untuk merayakan Idul Fitri. Pada saat momen ini biasanya satu sama lain akan bermaaf-maafan.

4. Membuat Ketupat

Ketupat merupakan salah satu makanan yang sangat identik dengan lebaran. Dan biasanya ketupat akan dihidangkan dengan opor, semur, rendang, dan lain-lain. Oleh karena itu ketupat sudah menjadi hidangan wajib saat lebaran tiba.

5. Menabuh Bedug

Saat kumandang takbir dikumandangkan saat itulah iringan tabuh bedug terdengar, bagaimana tidak tabuhan bedug akan menambahkan suasana sakral saat lebaran. Meskipun tidak semua masjid memiliki bedug, tetapi sebagian besar masjid biasanya akan memutarkan kumandang takbir yang diiringi suara bedug saat malam takbiran tiba.

6. THR

Hal yang paling dinanti-nantikan oleh anak kecil maupun remaja saat lebaran yaitu THR. THR sendiri memiliki kepanjangan yaitu Tunjangan Hari Raya. Tidak hanya anak kecil dan remaja saja yang dapat menukmati THR ini, para karyawan pun juga dapat merasakan hal ini, karena perusahaan akan memberikan sejumlah uang pada saat Hari Raya tiba.

7. Membeli Baju Baru

Tradisi membeli baju baru di Indonesia saat lebaran begitu lekat untuk merayakan lebaran dan tradisi ini selalu dijalankan oleh banyak masyarakat muslim di Indonesia.

Bahkan pusat pembelanjaan akan membuat seri baju lebaran dan akan memberi diskon besar-besaran saat menjelang lebaran tiba.

8. Ziarah Makam

Ziarah atau biasa disebut dengan nyekar merupakan tradisi wajib bagi sebagian umat muslim di Indonesia. Biasanya hal ini dilakukan saat sebelum lebaran atau saat setelah melakukan shalat eid. Pada ziarah makam, biasanya keluarga besar akan mendatangi keluarga atau kerabat yang sudah meninggal dunia. (*)

Pewarta : Farahilah Maitsa Soraya (MG-350)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bandung just now

Welcome to TIMES Bandung

TIMES Bandung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.