Berita

Sejarah Hari Ini: 8 Maret Peringatan Hari Perempuan Internasional

Senin, 08 Maret 2021 - 07:29
Sejarah Hari Ini: 8 Maret Peringatan Hari Perempuan Internasional Google Rayakan Hari Perempuan Sedunia 2021

TIMES BANDUNG, JAKARTASejarah hari ini mencatat, warga dunia memperingati tanggal 8 Maret sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day (IWD). Hari Perempuan Sedunia diperingati untuk merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya dan politik yang telah diraih oleh perempuan. 

Dirangkum dari beberapa sumber, perayaan ini, bermula tahun 1908 ketika 15.000 perempuan berdemo di New York, Amerika Serikat. Para perempuan ini menyuarakan hak tentang peningkatan standar upah dan pemangkasan jam kerja.

Peristiwa ini, kemudian menginspirasi Amerika Serikat dengan menetapkannya sebagai Hari Nasional. Tepatnya pada 28 Februari 1909, dimana Partai Sosialis AS mendeklarasikan Hari Nasional Perempuan Pertama di seluruh negara tersebut.

Setahun kemudian, pada 1910, saat Konferensi Wanita Buruh Internasional kedua diadakan di Kopenhagen Denmark, Pemimpin 'Kantor Perempuan' Clara Zetkin dari Partai Sosial Demokrat di Jerman, mengajukan gagasan untuk menetapkan Hari Perempuan Internasional. Saat itu, disepakati 19 Maret 1911 sebagai  perayaan pertama Hari Perempuan Internasional. Seiring perjalanan waktu, akhirnya disepakati Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 8 Maret setiap tahunnya.

Raksasa mesin pencari Google juga ikut merayakan Hari Perempuan Sedunia ini melalui Google Doodle. Google juga menyertakan tautan khusus bertajuk "Celebrating International Women's Day. Sejarah hari ini mencatat, tema Hari Perempuan Internasional 2021 adalah 'Choose to Challenge' atau 'Memilih untuk Menantang'.(*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bandung just now

Welcome to TIMES Bandung

TIMES Bandung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.