Berita

Diguyur Hujan Lebat, Presiden RI Jokowi Kunjungi Food Estate Sumba Tengah

Selasa, 23 Februari 2021 - 15:34
Diguyur Hujan Lebat, Presiden RI Jokowi Kunjungi Food Estate Sumba Tengah Presiden Jokowi saat mengunjungi lumbung pangan baru yang berlokasi di Kabupaten Sumba Tengah. (FOTO: Instagram/Presiden Jokowi)

TIMES BANDUNG, SUMBA TENGAHPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) mengunjungi food estate atau lumbung pangan baru yang berlokasi di Kabupaten Sumba Tengah, NTT, Selasa (23/2/2021).

"Hujan lebat mengguyur Desa Makata Keri di Sumba Tengah, NTT saat saya tiba siang ini," tulis Presiden Jokowi dalam Instagram resminya. Sembari mengunggah foto menggunakan payung karena hujan dan diikuti oleh para jajarannya dibelakangnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menyampaikan, kawasan yang ia tinjau ini adalah lumbung pangan baru seluas 5.000 hektare yang dibangun di NTT yang 3.000 hektare di antaranya untuk padi, selebihnya ditanami jagung.

Kata dia, kendala pengembangan lumbung pangan di NTT ini adalah ketersediaan air untuk mengairi persawahan. Untuk itu, pemerintah membangun hingga sebanyak 200 sumur bor dan beberapa embung untuk pengairan sawah. Itu pun masih jauh dari cukup.

Ia pun sudah menginstruksikan Menteri PUPR untuk melihat potensi pembangunan waduk atau bendungan di wilayah ini. Selain itu, ia juga memerintahkan Menteri Pertanian untuk turut memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang dibutuhkan para petani setempat.

"Dengan food estate di Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, dan NTT, saya berharap akan bisa terbangun ketahanan pangan yang baik untuk negara kita," ujar Presiden RI Jokowi. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bandung just now

Welcome to TIMES Bandung

TIMES Bandung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.